belakangan ini sering denger pemberitaan orang-orang yang pada ngeributin soal kursi panas DPR.

di tipi, beritanya tentang itu. di koran juga.

padahal, buat gue ada perebutan yang lebih panas dan kontroversial dari perebutan kursi DPR. lo tau ga?

(lo dan mereka pengguna kereta pasti udah bisa jawab pertanyaan gue tadi.)

setiap pagi dan sore hari gue pasti menggunakan jasa angkutan moda kereta api untuk berangkat dan pulang kerja.

kalo berangkat sih, gw jamin 100 % kagak bakal bisa dapet duduk. pulangnya? tergantung nasip haha

gue pasti naik dari stasiun depok lama. dan paling siang gw naik CL yang jam 7.05

CL tersebut pemberangkatan bogor tujuan jakarta kota.

kalo gue naik kereta balik pemberangkatan depok yang jam 6.59, itu tujuan tenabang jatinegara.

males gue transit di manggarai, dan harus nyebrang jalur untuk nyambung CL jakarta kota.

apalagi kalo harus nyambung CL yang dari bekasi. duh, males deh karena biasanya kereta bekasi lebih penuh.

jadii…

gw selalu naik CL yang pemberangkatan bogor tujuan jakarta kota,

Depok adalah stasiun ke 5 dari Bogor.

coba deh lo bayangin,

dari bogor aja udah penuh..

masuk stasiun cilebut tambah penuh..

Bojong.. makin penuh..

Citayem? apalagi..

baru deh tuh CL masuk stasiun Depok.

gw harus berjuang dengan puluhan orang di stasiun Depok supaya bisa keangkut.

biasanya, ada beberapa orang yang udah punya komunitas. tapi gue suka sebel kalo kebetulan segerbong sama orang-orang ini. berisik. ketawa ketiwi ga jelas.

jangankan ngarep dapet bangku trs duduk manis  sambil tidur (pura-pura) atau main hape.

bisa keangkut aja udah sukur!! hehehe

kalo udah nyampe stasiun cawang, biasanya banyak penumpang yang turun. jadi CL bisa lumayan lega dikit

tau gak, di CL tuh juga ada posisi startegis untuk dapetin bangku.

kalo lo turunnya masih di stasiun-stasiun setelah manggarai, mendingan pas lo baru pertama masuk CL langsung blusukan ke depan orang-orang yang duduk.

mereka ini kebanyakan turun di cawang dan paling jauh manggarai.

terus, kalo lo pgn dapet duduk, jangan cari kursi yang isinya mbak-mbak semua.

mbak-mbak ini biasanya tipikal kagak mau rugi.

misalnya mau turun di cikini ya berdiri nya kalo udah masuk cikini.

kalo mas-mas, biasanya 2 stasiun sebelumnya udah mau gantian ngasih bangkunya hehehe

yang paling penting, jangan sekali-sekali memperebutkan kursi prioritas.

kasian bumil-bumil dong.

tips untuk pengguna CL :

1. banyakin minum susu.

gelantungan di kereta dan nahan beban badan melawan gaya sentripetal dan sentrifugal di kereta jelas membutuhkan banyak kalsium supaya tangan dan badan kita kuat, dan gak kaya flamboyan. goyang kesana sini dan nyender di badan orang. gak banget!!

2. harus rutin urut.

disadari ato gak, ketika kita di dalam kereta, badan kita suka bergerak ke arah yang kita tidak inginkan. dan itu biasanya bikin otot kita ketarik. kalo salah posisi, bisa terjadi cedera otot. halah lebay… #etapi bner lhoo

3. ladang amal

kalo pingin nambah pahala, sering2 aja naik kereta. apalagi di gerbong perempuan.

karena disana kita harus bner-bner bisa nguasain emosi, gak boleh gampang kepancing, karena kita akan ketemu sama orang yang baru pertama kali naik kereta, yang kalo kesenggol dikit “ck..”

kesenggol lagi “ck…” #cewek cicek

belum lagi kalo ketemu kaum selfish, #seneng selfie dan ngeksish

mereka ini biasanya suka nyender di badan orang dengan cueknya teruss mereka asik dong main gadget.. plis ya jgn jadi cwek yang tipe ini. nyebelin tau!

4. banyak-banyak doa

biar selamet dan keretanya kagak ada gangguan.

selamat berburu kursi…..!!!

aku baru saja melihatnya melintas!!

ada gemuruh yang menyeruak dalam batin. gemuruh bahagia, namun juga sesal mendera.

suatu aktifitas yang sukses membuat hatiku kebat-kebit sekaligus mampu mengoyak jiwa dalam-dalam adalah…:

menatapnya dari kejauhan.

memandang punggungnya yang berlalu di depan meja kerjaku menuju ruang direksi.

dan sesekali mencuri tatapannya saat dia bicara. tampan!!!

satu tahun lalu di tanggal yang sama,…

ada cerita tentang aku dan dia.

sebuah kisah yang akan kusimpan rapat-rapat di palung hati.

yang mampu membuatku hingga saat ini senantiasa menghentikan nafasku tiap kali wajahnya hadir di dekatku.

walau hanya sekedar finger absen di pintu kantor kami.

pun hanya sekedar meeting di ruang direksi yang bersebelahan dengan ruanganku.

maafkan aku cinta, jika hingga saat ini aku masih mendambanya..

sekali lagi maafkan aku…

<!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

perempuan.

emang sulit dimengerti.

gampang banget pake perasaan dalam menghadapi apapun.

bagusnya, perempuan punya daya peka yang lebih daripada kaum lelaki, jadi perempuan bisa lebih mengerti keadaan sekitarnya. lebih mudah memahami kesedihan orang lain.

tapi parahnya,

perempuan suka masukin ke hati hal-hal kecil yang sebenernya gak usah dipikirin.

jadinya nangis.

ngambek gak jelas juntrungannya.

gak semua perempuan begitu siyh, tapi kebanyakan. (termasuk gw.. hehehe)

ya itulah, biarpun sulit untuk dimengerti, tapi perempuan punya sejuta pesona yang bisa menaklukan hati para lelaki.

coba tengok aja cleopatra.

semua lelaki rela ngelakuin apa aja untuk ngedapetin hatinya.

sekarang LUNA MAYA. atau SANDRA DEWI.

gw yakin, pasti jutaan lelaki jatuh hati atau setidaknya berdecak kagum atau mengakui kalo dia emang cantik dan punya pesona!!

kembali ke perasaan perempuan.

gw kasih bocoran ya, sifat dasar perempuan adalah kami senang bila kami merasa dipuja.

dicintai. dan kami perempuan akan semakin hanyut bila kami merasa sangat dilindungi. dijaga. apalagi oleh orang yang juga kami sayangi.

jadi intinya, perempuan itu gak sulit dipahami kok. cukup dengan membuat perempuan merasa selalu dicintai. setiap hari. di tiap waktu kami.

gak perlu selalu ada di dekat kami, tapi paling tidak “tidak benar-benar menghilang” saat kami perlu sesuatu. bukan hanya materi, tetapi perhatian.

saat kami menginginkan sesuatu, tolong jangan katakan “tidak” pada kami. itu akan sangat melukai hati kami. karena kami sangat tidak suka menerima segala sesuatu yang namanya “penolakan”. bagaimanapun bentuknya.

(jadi??)

bilang saja “iya”, “oke”, atau paling tidak kau anggukkan kepalamu saja itu sudah cukup bagi kami.

pun misalnya tidak semua yang kami minta dan inginkan bisa terkabul saat itu juga, namun paling tidak kata-kata seperti tadi sudah menenangkan hati kami.

meski sudah menjadi suami atau pasangan kami, jangan berharap tetap bisa menjadi arjuna saat “tamu” istimewa kami datang tiap bulan.

justru disaat seperti itu kami sangat membutuhkan perhatian ekstra. disaat itu kami bagaikan bidadari yang terluka. yang harus dirawat dengan sangat hati-hati agar tidak tambah terluka dan tetap menjadi bidadari. meski disaat seperti itu bagi kaum lelaki kami menjelma bagaikan monster, tolong perlakukan kami tetap seperti seorang bidadari.

kami perempuan punya sejuta kelembutan hati. bisa dengan mudah memaafkan kesalahan orang lain. tapi sesungguhnya hati kami tidak lebih keras dari agar-agar.

jadi bila terkoyak, meskipun kembali rapat, tapi masih terlihat guratannya.

jadi jangan memanfaatkan kelembutan hati kami untuk membuat lelaki terus mengulangi kesalahan. karena bila guratan itu tambah dalam, maka kami akan sangat sulit untuk menutupnya.

perempuan tercipta dari tulang rusuk kaum lelaki yang bengkok. kalau kami diperlakukan dengan keras, kami akan patah.

namun bila kami dibiarkan, kami akan tetap bengkok. jadi mengertilah…..

hari ini gatau mau ngapain di kantor. wew.. bnernya ntar sore ada acara gathering ma arsitek airmas asri di cikini, n gw dipercaya bwt jadi HOST..!! weleh weleh..

ga da persiapan khusus bwt nge-host, jadi sesiangan ini gw cm YM2an sm pa rizal n temen2 gw yang lain.

ada nopeh yang setia di depan monitor nya! doi jg lg gada kerjaan makanya bisa leluasa nge net.. congratz ya bu!! soale jarang2 ibu ini sepi job. maklum, bos nya lagi cuti kmren baru kawinan.

ada Rit2.. tadi dia PM gw katanya ngajakin ke dufan..hmmm.. DUFAN..??!!! mauuwww..

tapi gak sekarang2 ini ywaaa.. coz keadaan finansial gw sedang tidak mendukung. halah, bilang aja lagi bokek!!!

bu meina lagi sibuk bgt di samping gw.. tau tuh dia lagi ngerapiin file pelamar yg udah numpuk bgt di kolong mejanya. biarpun gw duduk di sebelah HRD, tapiii… bodo teuing lahh!! kl gada kerjaan mo diapain lagi…?? salah sendiri perusahaan mau mempekerjakan seorang pekerja yang malas bekerja seperti aqyuuu. hahahaha..!!!

menindaklanjuti usulan rita, gw coba PM lagi ke dia

“rekan rita, situasi di ruangan sini sangat kondusif. telah nampak di sekeliling saya beberapa karyawan yang sedang asyik ngupingin mp3 atau nge-blog. bagaimana di ruangan sebelah, rekan?”

sambil nungguin relpy, gw ngulik2 lagu yg asik di mp3 yg lagi nangkring di kuping gw. gak lama rita bales PM gw,

“keadaan disini aman terkendali bu. eyang kakung gak dateng hari ini. area clear!!”

huahahaha gw tersenyum puas,.. kayaknya bakal ampe sore nih gw asik2an nge net. secara, eyang kakung gak ke kantor ni hari. (eyang kakung = our big boss)

gw mo liat aktipitas pa rizal, doi lagi seru ngekaskus.. duuhh bapak ini selalu setia mencari artikel tentang cara merawat anak yang baik. bagoooossss…!!! coba ada banyak tipe bapak2 yang kyk pa rizal gini, gw kira akan ada lebih banyak anak2 yang sangat merasa dicintai.

jadi inget beberapa waktu lalu gw liat di tipi, ada anak yang di aniaya ama bapak kandungnya sendiri!!! Allah…. hati gw perih!! gimana gak, banyak org yang ngarep2 kepingin punya anak,.. ini yang udah dikasih dan dipercaya ama Tuhan utk ngurusin seorang anak, tapi malah disiksa! duh, semoga tiap tetes air mata mereka Allah ganti dengan jutaan kebahagiaan kelak. amiin..

wahh barusan gw liat udah jam stg 12.

waktunya maksi neyh..

anak2 ngajakin ke warung jogya yg di belakang amba, sekalian mo ngebahas rencana ke DUFAN yuuw..!!!

teri pedes.. here i come!!!!!!!

baca blog nya riksan di http://catatanbujangan.wordpress.com/2008/07/29/pipis-adalah-perjuangan/

gw setuju bgt.. emang segala sesuatu di dunia ini dilakukan gak ada yg gratiss!!!! semuanya kudu pake perjuangan..

…riksan harus berjuang hanya utk PIPIS. sementara gw juga punya perjuangan yang hampir sama ama perjuangannya riksan. bukan utk pipis, tapi utk TIDUR.

hari itu gw nginep di rumah ortu di bilangan galaxy, bekasi.

karena gw udah terbiasa di pasar minggu yang “old friend” nya sedikit lebih “baik hati” ketimbang old friend di bekasi.. jadinya gw rada shock juga pas gw “jumpa kangen” ma mereka.

gilaaaa… sadiss!!! (kalah dech afgan)

21.09

mata gw udah ngantuk berat, sementara si ratul masih asik ngutak-ngutik komputer.

AC di kamar gw gak ketemu remote nya (huh!! nyusahin) padahal suhu di kamar gw saat itu lagi panas banget. gatau nih, udah beberapa hari terakhir panas nya kayak mau turun hujan, tapi gak jadi-jadi. yang ada cuma nyisahin hawa panas yang kl kata Oma Irama “Ter.La.Lu”

gak tahan karena kegerahan, gw buka jendela kamar gw lebar-lebar.. lumayan Angin Cepoy2 juga bisa ngilangin rasa panas.. mata ngantuk ditambah kena angin dari jendela.. maknyuusss…

ratul masih seru main gim. gw males nemenin dia. soalnya dia kl udah main gim bisa2 ampe pagi. padahal gw dah ngantuk berat. boro-boro mo nmenin ratul, wong gw mo ngambil minum aja mualeess bangett.. padahal gw jg udah dehidrasi. bodo amat lah.. pokoknya gw ngantuk!!! gua cuma mau tidur!!!

baru aja mau pulas, mereka dateng..

tanpa kata-kata seperti layaknya “teman” yang udah lama gak jumpa, mereka langsung mengerubutin gw. ya layaknya penggemar kl ktmu seleb gimana gitu!!

nguiing..nguing..nguing… mereka mendarat dengan sukses di lengan gw, dan…..bisa dibayangkan,

gw butuh perjuangan teramat sangat utk membuka mata..

pertarungan sengit antara rasa kantuk dan rasa gatal di tangan.!!

ya ampuuunnn..!!!!! pas gw melek, ternyata mereka sudah memberikan kenang-kenangan di tangan gw!!

gak tanggung-tanggung, udah ada 8 bentol di lengan bekas gigitan mereka. anjritt!!

di jidat gw juga!! dua!!

di muka!! hadooohhh…

sampe-sampe di telapak kaki gw juga ada!!!

gatel banget lagi!!!

najonghh dah!!

sial!!!

gw bersungut-sungut berusaha nyari sisa-sisa soffel di kamar sebelah.. tapi naas, gak tersisa sedikitpun.

ratul cuma nunjukin wajah bingungnya pas gw ngomel-ngomel gak karuan sambil garuk-garuk.

gw buka lemari, mencari sesuatu yang kira2 bisa nutupin seluruh badan gw, tapi yang gak bikin gerah.

ketemu!!!

ada sarung dstu.. langsung aja gw pake dan ngelanjutin tidur

gw sempet ngeliat jam. waaaakk… gataunya udah jam 1!!

duuhh,.. gak tidur ngantukk..

kl tidur, takut kebablasan gak sahur…

ya wal hasil gw memaksakan mata gw terpejam walau hati deg2an. hahaha!!

stg 3, si mbak udah ngetok2 kamar gw..

tuhaaaaannnn…. andai aja gw bisa mnghentikan waktu biarpun cuma 1-2 jam..

04.45

doa setelah solat subuh,

“Allah… tiko cuma pingin tidur…” dan,

zzz..z..zzz…zz…

gw ketiduran!!!

aku mengenalnya dengan hanya satu kata.

panggilan tentang sejuta cinta.

dia yang selalu berikan aku separuh jiwanya.

hey,..

aku tahu kau berjaga dalam sujudmu.

dan semua harapanmu di langkah kecilku.

padahal kau bukan siapa-siapa.

namun selalu ada cinta dalam senyummu.

jangan menangis..

jika kau dapati betapa jauh jarakku denganNya.

karena seperti itulah aku kini.

dia, engkau, masa lalu kita, dan entahlah.. masa depanku.

hanya ini yang bisa dilukiskan lisanku dari kalbu.

aku mencintai lebih dari segenap hidupku.

dan terima kasihku untuk doamu di nadiku.

“to my parent.. bapak dan mama”

meski sempit

aku suka sekali ruang itu.

tempatku biasa bersenandung tentang segalanya.

ruang itu yang selalu memaksaku untuk terus menatap ke depan.

ketika tiba jalan persimpangan,

ruang itu mengajariku banyak hal

bahwa aku tak boleh berpikir lama.

hidup terus berjalan.

harus tetap melaju.

menjemput mimpi di ujung kalbu.

karena sang waktu tak bisa menunggu.

“ruang kecil dalam helm-ku”

jika kau kira dengan sebelah sayap ku tak mampu sebrangi bumi. kau salah.

jika kau fikir belati dalam luka ini akan membuat langkahku terhenti. kau salah.

lihatlah, tak ada lagi sungai yang mengalir di ujung mata.

dan ruang kosong itu sudah terisi rapat.

hingga tak ada lagi rongga untukmu.

aku hanya perlu waktu.

dan akan kukembalikan belatimu.

cinta,
hari ini ada begitu banyak kisah yang ingin sekali aku membaginya denganmu.
kejadian-kejadian yang membuatku tersenyum, atau bahkan yang membuatku tersentuh. dalam.
siang yang panas itu masih menyisakan satu romantisme sederhana yang sangat menyolok mata untuk luput dari pandanganku.
cinta,
betapa sepasang manusia yang usianya mungkin sebaya orang tuaku terlihat begitu mesranya walau dalam balutan kesederhanaan.
lelaki tua yang guratan di wajahnya terlihat disana-sini tampak kekar merapikan barang dagangan yang dijajakannya di lokasi pinggir jalan yang sebenarnya merupakan lokasi terlarang untuk berjualan.
sementara si perempuan dengan setianya menyiapkan makan siang untuk sang lelaki. kurasa itu adalah hasil masakannya pagi tadi yang sengaja dibungkusnya untuk bekal makan siang mereka berdua.
masih dari tempatku berdiri, kuperhatikan perlahan dan dengan pancaran wajah penuh cinta ia siapkan bekal itu, sesekali tampak olehku dia menyeka keringat lelakinya dan mengajaknya makan siang.. romantis!!
bisa kulihat dan kubayangkan dari raut wajah keduanya betapa kerasnya kehidupan yang mereka jalani, namun mereka masih punya senyuman, mereka masih punya cinta.
sungguh, bahkan akupun iri melihat adegan romantisme siang ini.
tak habisnya aku berpikir CINTA MACAM APAKAH YANG DULU MEMPERSATUKAN KEDUANYA?
dan mungkin KEKUATAN MANAKAH YANG HINGGA SAAT INI BELUM MAMPU MEMISAHKAN MEREKA?
sementara si lelaki asik menyantap hidangannya siang itu, sesekali mereka bertatapan penuh arti. diselingi obrolan dan tawa tentang anak-anak atau bahkan mungkin tentang cucu mereka..
ah, cinta..
betapa saat inipun aku ingin sekali menatap bulatan hitam itu di wajahmu sambil berkata “cinta,.. aku bersyukur karena Allah mengirimkanku rahmatNya yang terindah…”
betapa saat ini aku ingin sekali berbagi denganmu kisah-kisah yang kulewati seharian tadi..
cinta, dimana kau?

Depok, 26 Sept 2007

ada yang istimewa antara aku dan dirinya.

suatu ikatan tulus penuh makna.

tak perduli berapa banyak kerutan di wajahnya kini.

tak perduli sesedikit apapun hartanya.

bagiku dia tetap seorang ksatria.

yang membiarkanku menangis kala ujian demi ujianNya tak berhenti menyapa.

yang hanya tetap menggenggam tanganku erat seraya berkata :

“perjalanan mengenal Allah itu tidak mengenal lelah dan berhenti, nak.

berhenti berarti mati.”